About these ads

Definisi-definisi Ilmu Sosiologi Menurut Para Ahli

Untuk mempelajari tentang Perencanaan Wilayah dan Kota, maka diharuskan juga mengerti akan masyarakat dan keadaan sosial. Umumnya ilmu Sosiologi yang mempelajari tentang hal tersebut. Maka berikut ini definisi-definisi sosiologi yang dikemukakan beberapa ahli, yaitu :

1. Pitirim Sorokin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.
2. Roucek dan Warren

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.
3. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

4.  J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

5.  Max Weber

Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.

6. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

7. Paul B. Horton

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.
8. Soejono Sukamto

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.
9.  William Kornblum

Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.
10. Allan Jhonson

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

11. Emile Durkheim

Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.

Selain itu ada juga beberapa definisi Sosiologi di bidang pendidikan menurut para ahli:

1. F.G. Robbins, sosiologi pendidikan adalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan filsafat pendidikan, sistem kebudayaan, struktur kepribadian dan hubungan kesemuanya dengantata sosial masyarakat. Sedangkan dinamika yakni proses sosial dan kultural, proses perkembangan kepribadian,dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.

2.  H.P. Fairchild dalam bukunya ”Dictionary of Sociology” dikatakan bahwa sosiologi pendidikan adalah sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang fundamental. Jadi ia tergolong applied sociology.

3. Prof. DR S. Nasution,M.A., Sosiologi Pendidikan adalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui cara-cara mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agar lebih baik.

4. F.G Robbins dan Brown, Sosiologi Pendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasi pengalaman. Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya.

5. E.G Payne, Sosiologi Pendidikan ialah studi yang komprehensif tentang segala aspek pendidikan dari segi ilmu sosiologi yang diterapkan.

6. Drs. Ary H. Gunawan, Sosiologi Pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.


Dari berbagai definisi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa :
Sosiologi adalah ilmu yang membicarakan apa yang sedang terjadi saat ini, khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat serta berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional, empiris serta bersifat umum.

About these ads

101 Tanggapan

  1. saya bingung sekali dengan sosiologii….aga primitif bahasanya..jadi saya tidak mengerti..sudahpun saya belajar sosin tp tidak tau manfaatnyaaa…

  2. saya suka pembahasan ini..
    masuk psikologi karena terinspirasi dari sosiologi dari SMA

  3. aduh saya bingung daritadi mencari pengertian sosiologi menurut Kinsley Davis, Gillino and Gillin, Herbast Spencer, dan Koentjara Ningrat. ada yang tahu? yang lainnya sih sudah ada

  4. terimaksih telah membantu mencarikan tugasss…

  5. saya disuruh guru mencari 25 definisi sosiologi menurut para ahli, tapi yang ada di sini, sih, semuanya sudah ada. Ada yang lain, nggak ya? Saya sudah menemukan:

    Anthony Giddens,
    William Kornblum,
    Paul B.Horton,
    Alvin Bertrand,
    Allan Johnson,
    Mayor Polak,
    Prof Dr. P. J. Bouman,
    Kingsley Davis,
    Mac Iver dan Page,
    Gillin,
    Small(yang ini saya nggak tahu nama depannya, di buku cuma ditulis Small)
    J.A.A Van Doorn dan E.J.Lammers.

    Sisanya yang dari buku teks dan nggak boleh dipakai: Ellwood, Spencer, Durkheim, Max Weber, Pitirim A. Sorokin, William F. Ogburn & Meyer F., Roucek, Soemardjan,Soemaidi, Soekanto, Mayor Polak, Hasan Shadily, dan Gustav Ratzen Hofer.

    Kalau ada yang lain, bisa tolong kasih tahu? Terima kasih. (Susah mencari di buku atau di internet. Kebanyakan nama-nama yang seperti di buku teks saya.)

  6. saya sangat senang dengan adanya situs ini, thanks for U

  7. Thanks karena telah membantu saya mencari tugas

  8. saya mau bertanya, apa sajakah definisi perubahan sosial menurut para ahli? karena saya hanya menemukan satu atau dua didalam buku pelajaran. thanx before

  9. sebelumnya trims krna udah bntu buat nylsaiin tugas aku.
    tpi msih ada yg blom klar….
    klo bleh rquest..
    apa aj pokok bahasan sosiologi menurut para ahli..

  10. TAMBAH GEYCHHHH… tugas ku belum cukup low segitu..wawasan ku cuman dikit karna isi web na dikit….ok…

  11. thankssss…. yachhhh…. berkat web ney tugas q selesai….

  12. gw pusiing ma sosiologi

  13. i…
    makasii udaa ngebantuin tugas sosiologi aku…
    kebantu banget…
    makasii bgt..
    sukses selalu..

  14. situs ini sangat membantu bagi saya,terima kasih ya…

  15. hei……………….
    thanks buanget yea……….
    berkat loe tgs gw jdi cept selesai……
    loe ngebantugw bgt…..!!!!!!!!!!!!!!!!
    lam knl yea…..

    ^_^

  16. saya diberikan tugas ttg definisi sosial. itu ap ya???

  17. tolong donk aq di suruh guruku mencari definisi sosiologi bantuin yach,,,,thx

  18. aduh !!!!di mana sih pengertian sosiologi menurut kingsley davis

  19. aduwh…tau gak definisi perubahan sosiologi…pusing…

  20. situs ini dah byk ngebantu bgt pastinya..thanks

  21. adoooo eeee… ada struktur sosial nya nga?????

  22. Nilai-nilai berubah cepat
    Revolusi budaya?
    kita terlena
    Apa yang sedang terjadi?
    Jin memasuki peradaban manusia
    Budak setan mencoba mendominasi
    Siapa dalang di balik semua ini?
    Bisakah kita lakukan perbaikan?

    http://antimain.wordpress.com

  23. Thak’s tuk informasinya. saat ini saya senga mengerjakan skripsi saya merasa sangat terbantu dengan info yang ditampilkan tentang sosiologi.

  24. lumayan membantu menyelesaikan tugas perkuliahan saya =)

  25. Thank`s bgt yach . . . .ataz smua informasinya . . .

  26. ass,
    apa apa saja pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli ekonomi ????
    sekian
    trima kasih

  27. ass,
    ap apa sajakah pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli ekonomi…?
    sekian
    terima kasih

  28. mengapa ilmu sosiologi d pelajari pada saat du2k d bangku SMA,sedangkan ilmu sosio ini sangat berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari?

  29. thx tugas saya bisa kelar dengan sempurna…….

  30. thank you…. aku nak planologi… informasinya sangat membantu dont forget …tulis yng lebih lengkap lg yah…

  31. saya sangat senang dengan ilmu ini. karena kita dapat mempelajari segala bentuk interaksi yang ada dimasyarakat. obyek kajian dari sosiologi adalah interaksi masyarakat.berarti kita dapat melihat bagaimana hubungan kita dimasyarakat.makanya saya masuk sosiologi UNM. maju terus penerus Comte………

  32. lebih banyak lagi kalau bisa pengertian psikologi

  33. ada yang mengenai teori sosio “Faktor2 Sosialisasi Anak” gak??
    please kalo ada lagi butuh banget nii!!

  34. selain deinisi, bisa jelaskan ruang lingkup sosiologi menurut max weber??

  35. kalo cuma pengertiannya aja, kayaknya kurang lengkap pak.
    bisa jelaskan ruang lingkup sosiologi menurut Max Weber nggak pak? Tanks…

  36. Thanks ya udah posting artikel-artikel yang bermanfaat, tantunya sangat banyak diminati oleh kaum mahasiswa yang hendak mengambil Tugas Akhir, sehingga website ini benar-benar memiliki andil dalam memperlancar data-data referensi yang dibutuhkan, semoga selalu bermanfaat dan dimanfaatkan oleh teman-teman yang membutuhkan. keep strong bro..:-)

  37. sosiologi perlu untuk diketahui sebagai penunjuk arah dalam berinteraksi karena setiap orang memiliki pola pikir dan tingkah laku yang berbeda

  38. makasih atas bantuan informasinya,

    karena da pengertian pra ahli sosiologi di sni……..

    aku jdi bsa ngerjain tugas aku deh…………..

    s’X lg thanks ea pak…………..

  39. @skripsi psikologi : Terima kasih ya. Saya harap juga bermaanfaat bagi kita semua & turut memajukan bangsa ini. :-)

  40. tmBh lgy donk devinici na…Coz tgas q bLm kLar ne….. :-)

  41. yang koe strutur sosial… bukan sosiologi bos…

  42. mksiH yacH udaH banTuin pR sosiologi qUww !!!!!! :-)

  43. Trims y ats artikel 2 sosiologiny,, jd tgs2 sy sdkt terbnt,,

  44. thanks for everything so I was able to work on tasks with ease,,,.
    hhe,,. :-)

  45. knapa sdikit kali definisi nya ,,,???

  46. thanks… alhamdulillah tugasku bisa selese..

  47. makasih y loe dah mao bantu gw untuk mencari tugas dari guru gw.

  48. makasih,,,

  49. mantap nais share

  50. sedddddikit bingung nie rara ,,,,,,,,,,,,
    yach …. wlpun gitu rara tetep ciap tugas rara donk ……..
    theaks yach

  51. Memangnya Sosiologi itu sendiri muncul krena opo sich………. trus emangnya Sosiologi ini sendiri Unsur2na seperti opo sich…… monggo ???

  52. trims ya kk telah memberikan informasinya.
    tapi perbanyak lagi ya agar situs ini makin diminati banyak orang

  53. aduh harus copy yang mana neh

  54. Kita Blom Merdeka Karena Kita Masih Di jajah
    Oleh Kebodohan & Kemiskinaan

    Ayo Indonesia Kita Harus Melawan Kebodohan & Kemiskinaan Demi Bangsa Indonesia

    AYO INDONESIA KU

  55. waw bingung d suru carii tenrtang oengertian sosiologi

  56. hemmbb,,,
    wd bnyk nee yg muat pngertian sosilogi yang nee,,,
    cba tmbah yg lbih bedaa…… :-)

  57. thks jg…..
    sos da bantu tgas qu hehehe

  58. pengertian nya kurang bnyak…

    tp lumayan sedikit membantu tugas” quw… thanks..

  59. tugas sosiologi saya blom ktmu jga dari situs ini,,,,,,,…
    Saya perlu ahli sosiologi indonesia beserta pengertian sosiologi menurut mereka.

    Tolong donk d masukkn ahli sosiologi indonesia.

    Terima kasih.

  60. biza d’bantuin g cari’in defenisi sosiologi menurut para ahli sebanyak 30…..

  61. saya di suruh gru nyari biodata 25 tokoh sosiologi ada gag??

  62. biodata 25 tokoh sosiologi ada gag??

  63. ogeh

  64. wahk keren infonya…………….. berguna bgt… pas gue cari ehk ketemu dehk
    visit balik y makasi

  65. Visit balik Y
    makasi buat infonya

  66. Wah keren..lebih lengkap dari definis para tokoh sosiologi dalam blog saya. Yg kepincut sama sosiologi tetap semangat ya… :)

  67. thanks, u/ definisi sosiologinya…..

  68. terima kasih tlah mmbntu saya mencari tugas2 sy

  69. apakaah definisi struktur sisial menurut koentjaraningrat ..?
    tolong di perjelas …

  70. definisi perubahan sosial ada gag kak…?

  71. aduh gitu aja pake nanya? :p payah lah

  72. kenaln gue jaztin wkwkwk :P

  73. bacot lo jaztin,gua hajar lo nanti :P(wkwkwkkw 1+1 itu kan 3 hasilnya hahahha :P)

  74. bersatulah untuk INDONESIA !!!!!!!!!!!!!!!!!! :)

  75. wow SM*SH nampil di pekan baru lo!!!!!!!!!!!!!!

  76. good (y)

  77. aq mau tnya klo 10 macam definisi sosiologi ??

    tks

  78. wahh .. mkasiih banget nie .
    smua yg saya carii ada disini . saya jadi gak repot-repot lagii deh .

    mkasiih banyak yah :)

  79. saya mau nanya kalau pakar sosiologi indonesia siapa aja?
    (Ty)

  80. MkazZih..sangat membn2

  81. I LIKE SOSIOLOGI

  82. soisalitas yg tinggi yg bermutu dpt memicu perkembangan suatu bangsa..

  83. aduh…jurusan PLS euy,,,banyak materi tentang masyarakat…

  84. [...] http://putracenter.net/2009/04/15/definisi-definisi-ilmu-sosiologi-menurut-para-ahli/http://putracenter.net/2008/11/21/definisi-manajemen-menurut-para-ahli/ [...]

  85. makasi :)

  86. tanks.. sangat membantu artikelnya

  87. ALHAMDULILLAH pekerjaan saya bisa terselesaikan berkat adanya info tentang sosiologi ini thank ya berkat semuanya

  88. alhamdulillah pr tentang definisi sosiologiku akhirnya selesai,,,
    makasih banyak :)

  89. yaelah T.T gua bingung banget .. cuman ada 6 -_- tapi gua d.suruh nyari 15 .. bantuin gua yah :D

  90. trimis, ini membantu banget buat ngerjain pr saya ^^

  91. Makasih banget yha??
    aku kebantu banget..
    sekarang tugasku dapet nilai yang bagys… :)
    atas nama Wirawan Nusantara,,,
    MENGUCAPKAN: MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN..
    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 H.. :)

  92. Wow ngeriik kk putra awa ucapkan gg tq atas informasinya

  93. [...] http://putracenter.net/2009/04/15/definisi-definisi-ilmu-sosiologi-menurut-para-ahli/ [...]

  94. [...] http://putracenter.net/2009/04/15/definisi-definisi-ilmu-sosiologi-menurut-para-ahli/ di post pada 15 april 2009 [...]

  95. makasih ya atas ilmunya :)

  96. sosiiologii ksukaan q ,,,,, yg paling q sukaa ngerjakan soall nyaaa….

  97. [...] http://putracenter.net/2009/04/15/definisi-definisi-ilmu-sosiologi-menurut-para-ahli/ [...]

  98. Makaseh

  99. Rada bingung sma plajaran sosiologi

  100. tolong dong nama ilmuan dalam negeri yang mendefinisikan tentng sosiologi nya di tambah…:(

  101. […] http://putracenter.net/2009/04/15/definisi-definisi-ilmu-sosiologi-menurut-para-ahli/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 369 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: