About these ads

PENGENDALIAN PEMBANGUNAN DALAM PEMANFAATAN RUANG

Definisi Pengendalian Pemanfaatan Ruang

Pengendalian pemanfaatan ruang adalah kegiatan yang berkaitan dengan pengawasan dan penertiban terhadap implementasi rencana sebagai tindak lanjut dari penyusunan rencana atau adanya produk rencana, agar pemanfaatan ruang sesuai dengan rencana tata ruang yang telah ditetapkan.

Berikut ini Sistem pengendalian pemanfaatan ruang dengan dasar-dasar Pengendalian Pembangunan :

1. Regulatory system
Yaitu pemanfaatan ruang yang didasarkan pada kepastian hukum yang berupa peraturan perundang-undangan  yang berlaku. Regulatory system ini sudah diterapkan di Indonesia, tetapi dalam penerapannya belum berjalan dengan baik. Karena mental birokrasi pemerintah yang masih rendah, yang masih rawan terhadap penyuapan, korupsi, kolusi dan nepotisme.
2. Discretionary system
Pemanfaatan ruang yang proses pengambilan keputusannya didasarkan pada pertimbangan pejabat/lembaga perencanaan yang berwenang untuk menilai proposal pembangunan yang diajukan.
3.   Zoning regulation/peraturan zonasi
Pembagian lingkungan kota dalam zona-zona dan menetapkan pengendalian pemanfaatan ruang yang berbeda-beda (Barnett, 1982)

4.    Development control/permit system
Mengatur kegiatan pembangunan yang meliputi pelaksanaan kegiatan pendirian bangunan, perekayasaan, pertambangan maupun kegiatan serupa lainnya dan atau mengadakan perubahan penggunaan pada bangunan atau lahan tertentu (Khulball & Yuen, 1991).  Memungkinkan tetap dilaksankannya pembangunan sebelum terdapat dalam dokumen rencana.

Pemerintah sebagai regulator dalam pembangunan tentunya memiliki landasan kewenangan tehadap pengendalian pembangunan. Berikut ini Landasan Kewenangan Pemerintah dalam Pengendalian Pembangunan :

1.    Bundles of rights (hak atas lahan)
Kewenangan untuk mengatur hak atas lahan, hubungan hukum antara orang/badan dengan lahan, dan perbuatan hukum mengenai lahan.

2.    Police power (pengaturan)
Kewenangan menerapkan peraturan hukum (pengaturan, pengawasan, dan pengendalian pembangunan di atas lahan maupun kegiatan manusia yang menghuninya) untuk menjamin kesehatan umum, keselamatan, moral, dan kesejahteraan. Seringkali dianggap sebagai ‘limitation of private property/individual rights’.

3.    Eminent domain (pencabutan hak atas lahan)
Yaitu kewenangan tindakan mengambil alih atau mencabut hak atas lahan di dalam batas kewenangannya dengan kompensasi seperlunya dengan alasan untuk kepentingan umum.


4.    Taxation

Yaitu kewenangan mengenakan beban atau pungutan yang dilandasi kewajiban hukum terhadap perorangan/kelompok atau pemilik lahan untuk tujuan kepentingan umum.


5.    Spending power (Government Expenditure)
Yaitu kewenangan membelanjakan dana publik untuk kepentingan umum (melalui APBN dan atau APBD).

Pemerintah berkewajiban untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan sektor-sektor industri, jasa, dan properti. Hal ini akan meningkatkan kebutuhan akan ruang. Namun di lain pihak, pemerintah juga harus menjaga agar pertumbuhan pembangunan tidak “over” agar tidak terjadi hal yang buruk.  Tentunya harus diupayakan jalan tengah yang terbaik agar pengendalian pembangunan dalam hal pemanfaatan ruang  terus dilakukan oleh pemerintah.

About these ads

10 Tanggapan

  1. ho’oh, tulisannya emang berat nih, rada mudeng kalo gak biasa baca beginian…
    btw… infonya bagus broo… salam :D

  2. hmmm inikah
    blognya? :)

  3. mohon info untuk buku yg memuat PENGENDALIAN PEMBANGUNAN DALAM PEMANFAATAN RUANG lebih dalam. sy butuh untuk kepentingan skripsi sy..
    anw.. tulisannya berguna sekali untuk saya.. tks

  4. Mksih neh yg bwt tlisannya…
    sumpah keren bngt///
    brmanfaat lho bwt referensi tugas ane…
    nuhun pisan Hidup Plano UNPAS Bandung pL 05.

  5. ada yg bisa ksh msukan gk????

    ane mw TA neh//

    tp bingung???

    pngennya zoning regulation??

    gmn tuh???

    di email aj komen nya ke (boun_awank@ymail.com).

    y mdh2an ad yg ngsih proyekan akhir gt bwt skripsi ane//

  6. Blog ini memang menarik semakin banyak informasi kan bagus kalau ada yang baru kirim ke Email aku thanks berkarya terus kawan .

  7. mengenai pengendalian pemanfaatan ruang,
    terutama peraturan zonasi
    apakah ada aturan baku, pedoman khusus nya ?

    mohon informasi dan referensinya

    trims

  8. Selamat malam bro, tulisan lo inspiring bgt buat skripsi gw. Boleh mohon bantuan untuk berdiskusi sesaat tentang pengendalian bro? Mohon bantuannya ya bro via e-mail. Thanks a lot.

  9. Tulisannya menarik n mudah di mengerti, kebetulan saya sedang menulis tentang pengendalian pemanfaatan ruang. Permisi untuk saya kutip ya, tidak lupa saya akan cantumkan sumbernya. Terima Kasih.

  10. Salam kenal, saya mahasiswa S2 dari Bandung.Boleh tau referensi yang anda gunakan untuk menulis ini?? saya perlu buat tesis saya, terimakasih sebelumnya. Mohon ijin juga untuk dikutip ya… ;-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 369 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: