About these ads

Definisi Hukum Menurut Para Ahli

hukumHukum atau ilmu hukum adalah suatu sistem aturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat dan dikukuhkan oleh penguasa, pemerintah atau otoritas melalui lembaga atau institusi hukum.

Berikut ini definisi Hukum menurut para ahli :

- Menurut Tullius Cicerco (Romawi) dala “ De Legibus”:
Hukum adalah akal tertinggi yang ditanamkan oleh alam dalam diri manusia untuk menetapkan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan.


-  Hugo Grotius (Hugo de Grot) dalam “ De Jure Belli Pacis” (Hukum Perang dan Damai), 1625:

Hukum adalah aturan tentang tindakan moral yang mewajibkan apa yang benar.
-   J.C.T. Simorangkir, SH dan Woerjono Sastropranoto, SH mengatakan bahwa :

Hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa, yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib.


-    Thomas Hobbes dalam “ Leviathan”, 1651:

Hukum adalah perintah-perintah dari orang yang memiliki kekuasaan untuk memerintah dan memaksakan perintahnya kepada orang lain.


-  Rudolf von Jhering dalam “ Der Zweck Im Recht” 1877-1882:

Hukum adalah keseluruhan peraturan yang memaksa yang berlaku dalam suatu Negara.

 

-   Plato

Hukum merupakan peraturan-peraturan yang teratur dan tersusun baik yang mengikat masyarakat.

 

- Aristoteles

Hukum hanya sebagai kumpulan peraturan yang tidak hanya mengikat masyarakat tetapi juga hakim.


- E. Utrecht

Hukum merupakan himpunan petunjuk hidup – perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat yang seharusnya ditaati oleh seluruh anggota masyarakat oleh karena itu pelanggaran petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan oleh pemerintah/penguasa itu.


-  R. Soeroso SH

Hukum adalah himpunan peraturan yang dibuat oleh yang berwenang dengan tujuan untuk mengatur tata kehidupan bermasyarakat yang mempunyai ciri memerintah dan melarang serta mempunyai sifat memaksa dengan menjatuhkan sanksi hukuman bagi yang melanggarnya.


-  Abdulkadir Muhammad, SH

Hukum adalah segala peraturan tertulis dan tidak tertulis yang mempunyai sanksi yang tegas terhadap pelanggarnya.

 

-    Mochtar Kusumaatmadja dalam “Hukum, Masyarakat dan Pembinaan Hukum Nasional (1976:15):

Pengertian hukum yang memadai harus tidak hanya memandang hukum itu sebagai suatu perangkat kaidah dan asas-asas yang mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat, tapi harus pula mencakup lembaga (institusi) dan proses yang diperlukan untuk mewujudkan hukum itu dalam kenyataan.


Jadi  kesimpulan yang didapatkan dari apa yang dikemukakan oleh ahli di atas dapat kiranya disimpulkan bahwa ilmu hukum pada dasarnya adalah menghimpun dan mensistematisasi bahan-bahan hukum dan memecahkan masalah-masalah.

About these ads

104 Tanggapan

  1. jadi inget jamanku kuliah dl mas hehe

  2. ini baru ilmu yg didpt scr gratis dan perlu pengembangan diri lebih cerdas trims buanget deh

  3. terimakasih! posting ini berguna bgt buat nyari tugas ade saya :D

  4. wow
    makasi bgd, krna aq jd gmpang bikin tugas..
    ^.^

  5. thx ..

    nge bantu bgt buad tugas

  6. thanks,… posting nih bntu ran bngt bwt tgas prtama ran..,,

  7. thx situsnya sangat membantu…

  8. wah.
    Thanks bgt.
    bwat ngerjain tugas nie!
    trnyata di dunia ini bnyk situs yg membantu qta dgn baik yaw

  9. EEEEmmmm….
    danke bgt,
    situs ini ngbantu buanget bwt sy nyari tugas pertama dr Dosen killer…

  10. MkSh Atas Ilmu Yg D CntUmKan…
    SdaH MmbaNtu Untuk NgerJaiN TgAs…

  11. Numpang nyalin. Terima kasih buat tulisannya yang sangat membantu saya mengumpulkan referensi.

  12. definisi batasan hukum menurut para ahli ,…????

  13. makasih….tugas gua jadi beres

  14. thx yach_
    tugas saya dh selesai en ini ngebantu banged’z…….

  15. makasi bua9et.

  16. thanks bnget berkat ada situs ini gua n my friend tugas nya bisa jadi gampang,,,,,, thanks bnget lho

  17. thanks fot the site…

    you help me…
    thanks adax situs nie
    tgs guA dh seles niE…

  18. salam damai,thanks atas situs ini sangat membantu tugas ku dan bereeess.

  19. Ahaaaaa…….ini dia …..tengkiyu yaa….

  20. ini baik untuk cari tugas PKN yang dikasihkan Guru

  21. ada yang lain lg k…???

  22. yoe….sesuai dengan yang sy cari…..

  23. makasih…bgt…
    sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah.

  24. Thx yaw…
    ni sangadh m’bntuQ…

  25. semua definisinya bersifat memaksa.. bener ga klo dibilang hukum=paksaan??

  26. thx….
    nie yg sya cri

  27. makasih y

  28. mksh ya…ni brmanfaat bngt…

  29. sama numpang juga neh,,,,
    makasih atas tulisannya,,biar tuhan yang membalas,,

  30. terimakasih,,,ini sangat membantu mahasiswa dalam mempelajari definisi hukum,serta mencari sumber-sumber hukum.

  31. terima kasih,,ini sangat membantu para pelajar untuk mengkaji tentang dafinisi hukum.

  32. Hukum dapat dibeli…
    Uang = Hukum
    Uang lebih berkuasa daripada hukum..
    Ada Uang Anda Menang

  33. thx bgt tas infona ya nich dah ngebantu bwt tugas kul w tp kurang banyak. hihihihiii…

  34. jika kita lihat hukum dari segi positifnya, maka dapat dibilang bahwa hukum ini dapat melindungi/ menjaga integritas suatu negara/wilayah, serta melindungi masyarakat dalam berbagai persoalan. Dengan hukum pula kita dapat mengenal suatu identitas negara/wilaah tertentu. jadi jangan kita melihat hukum itu dari segi negatifnya saja.

  35. jika kita lihat hukum dari segi positifnya, maka dapat dibilang bahwa hukum ini dapat melindungi/ menjaga integritas suatu negara/wilayah, serta melindungi masyarakat dalam berbagai persoalan. Dengan hukum pula kita dapat mengenal suatu identitas negara/wilayah tertentu. jadi jangan kita melihat hukum itu dari segi negatifnya saja.

  36. Makasih”x . . . .

  37. maya bodok

  38. Tegakan Hukum Dari Sekarang !!!

  39. He he mantep gan, thanks gan! :D

  40. thx forr definisx..
    tugassq bsaa selesaii
    yeahhh

  41. makasih buanggett ma definisi nya … ngebantu bgt…

  42. wah ini semua bagus sekali untuk sarana belajar

  43. thank bgt cz dh ngazh bnyak wwsan luas bwt smu org

  44. trima kasih udah ksih dasar hukum smoga bermanfaat buat saya

  45. makasih bgts dech, untung tgas aq bs terselesaikan, thanks

  46. Jawaban tentang apa itu hukum? sampai saat ini tidak ada seorangpun yang dapat mendefinisikan secara jelas pengertian hukum, akan tetapi jawaban dari para ahli hanya sebagai bahan referensi bagi mereka yang sedang menimba ilmu hukum. trims

  47. mksh yah tugas di kampus jadi lebih mudah……..

  48. Makasih, coz dah ngebantu buat presentasi nih

  49. makaciihhh,,, daa ngbanTu bgt niiee bwt tgas kul

  50. thx sangat dah meringankan tugas gw ….
    JBU …
    ^^

  51. thanks…. itu ngebantu banget…

  52. wah mantap bro… maksih..

  53. thakz bwt informasix,sangat membantu dalam pengerjaan tugas…………

  54. situs ini baik di baca semua kalangan,dengan definisi yang sangat bagus,semoga anak cucu kita bisa mempergunakan ini dengan baik……

  55. makasih,,,,,,,,,,,tugas ku dah seles…….!!!

  56. Makasih banyak Kak,,definisi Hukumnya,,semoga hukum di INdonesia semakin baik ajah,

  57. thanx soooooooooooo much……?

  58. maksi bgt yaaaa..
    sangat
    sangat
    membantu ngerjain tugas.
    thank’s.
    ^^

  59. wakaka.. thanks..
    bisa bantu bwt tugas :D

  60. tHankS
    ne sgT mMbantu saYa dLm mnGerjKan tgAs kLiah

  61. thx bnget kk ^_^

    tpi leh tax gak??

    yg tokoh gerg delinek klo gk slah… ad gk kk???

  62. makasih buanget yaah,,
    heheheheh
    dah ngebantu nih,,,
    thx,,,, ^_^

  63. hmmm akhirx situs ini membawa saya dpt krja pr hufthhh thank you i love you forefer

  64. thx ya ,,, ngebantu banget bwt pr ku…..

  65. hukum sesuatu perarturan yg tegas kpd pelanggar”y klw tdk hukum cmua manusia tdk peraturan mana g baik & mana yg buruk…………!!!!!!!!!!!!!!!!!

  66. wah… thankz bnget neh …

    Tugas kuliah ku jd slesai .. hehehe

  67. yah….. nGgak dMrhin Dosen besok deh
    tugas aQ ud siap
    yakin aQ,gw dpt nilai A dari dosen

    Makasih banyak ya………..
    smoga defenisi hukum ini dpt menjadi p’belajaran kita untuk diterapkan pd kehidupan kita sehari-hari

    Dan dapat membawa keadilan tuk hidup berbangsa & bernegara

  68. terima kasih atas bantuannya bantu ngerjain tugas

    THANKYOU

    FOR:CAHYO
    ^_^ he……..

  69. thanks bro……. ats postingnya…………. tapi ada gak yang taw definisi hukum menurut prof.ahmad fahryan airlangga…???? so temen2ku kagak tw dapatnya dmana bro????

  70. thanks buat orng yg memajukan teknologi
    sehingga apa ug butuhkan hanya lewat teknologi semua dapt terastasi
    tak lupa kepada allah swt. yang memberikan kelebihan itu lewat akal maupun pikiran

    semoga qt anak-anak bangsa bisa lebih memajukan teknologi ini
    amieeeen

    thanks coz dah ngbantuin tugas w

  71. thanks y gus……tas posting y tpi kox singgiy bgt definisi hukum y…………….
    yg laenn mna …………………………..

  72. penting neh !! makasih ya boss …

    tp ada yg bsa bntu buat definisi hkum menurut J.H.P Bellefroid ga ?? saya cari2 ko ga ada ya ??

  73. thank’s buat semuanya….yang tadinya belum tau jadi makin tau……

  74. Really love all the posts you offer! I am so looking forward to seeing more like them..

  75. ane mo tnya gan..
    ane kan disuruh mencari tugas kuliah..
    definisi hukum dilihat dari sisi ideal n sisi konkrit nya..
    masing2 7..
    ane bingung bgt gan.. mhon bntuannya plis…

  76. apa definisi hukum yang abstrak menurut para ahli ???????

    tolong yach
    minggu depan dikumpul mata kuliah SHI (Sistem Hukum Indonesia)

  77. [...] Definisi Hukum Menurut Para Ahli [...]

  78. Makasih bgt mas .. sngat membantu…

  79. Took me time to understand all of the comments, but I genuinely enjoyed the post. It proved to be extremely valuable to me and I am positive to all of the commenters right here! It’s generally wonderful when you can not just be informed, but additionally entertained! I am sure you had enjoyable writing this post.

  80. Hey, very nice blog post.

  81. [...] http://putracenter.net/2009/02/16/definisi-hukum-menurut-para-ahli/ [...]

  82. [...] http://putracenter.net/2009/02/16/definisi-hukum-menurut-para-ahli/ [...]

  83. thx yach…

  84. Someone essentially help to make significantly posts I might state. This is the first time I frequented your web page and up to now? I amazed with the analysis you made to create this actual post amazing. Wonderful job!

  85. makasih banget ya .. kebantu banget sama post anda :)

  86. mas, saya ambil untuk tugas saya ya. tapi lengkap dengan sumbernya kok :)

  87. thanks banget, , , sangat membantu..

  88. thanks :)
    akhirnya kerjaanku selesai

  89. untung adaini jadi aq bisa krjakan tugas

  90. jadi yang berlaku di negeri kita hukum apa ya mas?

  91. hukum rimba mas yang terjadi negerio kita yag berkuasa dan berdut aja,yang kebal dengan hukum tapi coba kalau masralkata kecil wwwwwwwwwwwwwwweeeeeeeeeeeeeeeeeeeee,k ga ada ampunya

  92. makasih y,,,,,

  93. thx ya

  94. Kalau menurut saya banyak hukum yang selalu kita mendefinisikan dalam arti hukum Adat Istiadat, Hukum tertulis dan Hukum tak Tertulis, Hukum keagamaan, tapi kadang hukum itu berlaku pada orang rakyat kecil sedangkan kalau orang elit mereka selalu ada kekebalan hukum. justru itu kita mau berbicara tentang hukum saya kira hukum itu karena dibuat oleh orang sehingga sampai sekarang tak diketahui dimana letak kebenaran hukum secara jujur dan jelas, justru itu saya ingin bertanya jikalau kita semua dibawah undang – undang kenapa pejabat negara punya kekebalan hukum sedangkan rakyat kecil tidak ada kekebalan hukum ? ini yang sampai saat ini membuat saya bingung untuk berbicara soal hukum. karena secara jelas bahwa undang – undang itu tidak salah akan tetapi orang yang bekerja itu yang melangar aturan – aturan hkum. namum disini ingin saya perlu lebih jelas mendetailkan seperti; Apa itu hukum, Apa itu keadilan, kapan dan dimana hukum itu ada, bagaimana hukum dapat dinikmati oleh manusia. saya tunnggu jawaban.

  95. ini merupakan blog yang kalo saya bisa beri nilai 1 sampai 10 saya beri nilai 10, karna memang layak untuk itu

    trima kasih atas ilmunya

  96. makasih ya gan !!!

  97. request ya gan…
    pa yang dimaksud dengan “teori sistematika, teori sistematika hukum, teori sistematika perundang-undangan” plis bantu ya… :)

  98. request aq ea!
    pa perrbedan yg paling mendasar antara civil low dan common low?

  99. [...] sumber:http://putracenter.net/2009/02/16/definisi-hukum-menurut-para-ahli/ [...]

  100. [...] http://putracenter.net/2009/02/16/definisi-hukum-menurut-para-ahli/ [...]

  101. […] http://putracenter.net/2009/02/16/definisi-hukum-menurut-para-ahli/ http://mznugie.blogspot.com/2012/04/hukum-industri.html http://chocolatoezaoetoezlezatoez.blogspot.com/2013/04/tugas-ke-1-perkembangan-hukum-industri.html http://konibun.blog.com/2013/04/27/definisi-manfaat-dan-peran-hukum-industri/ […]

  102. […] http://putracenter.net/2009/02/16/definisi-hukum-menurut-para-ahli/ […]

  103. […] http://putracenter.net/2009/02/16/definisi-hukum-menurut-para-ahli/ […]

  104. […] http://putracenter.net/2009/02/16/definisi-hukum-menurut-para-ahli/ http://mznugie.blogspot.com/2012/04/hukum-industri.html http://chocolatoezaoetoezlezatoez.blogspot.com/2013/04/tugas-ke-1-perkembangan-hukum-industri.html http://konibun.blog.com/2013/04/27/definisi-manfaat-dan-peran-hukum-industri/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 369 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: