About these ads

Definisi Ekonomi dalam Islam menurut Para Ahli

Ekonomi dalam Islam adalah ilmu yang mempelajari segala prilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan tujuan memperoleh falah (kedamaian & kesejahteraan dunia-akhirat).

Kata Islam setelah Ekonomi dalam ungkapan Ekonomi Islam berfungsi sebagai identitas tanpa mempengaruhi makna atau definisi ekonomi itu sendiri. Karena definisinya lebih ditentukan oleh perspektif atau lebih tepat lagi worldview yang digunakan sebagai landasan nilai.

Pada tingkat tertentu isu definisi Ekonomi Islam sangat terkait sekali dengan wacana Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Islamization of Knowledge) Science dalam Islam lebih dimaknakan sebagai segala pengetahuan yang terbukti kebenarannya secara ilmiah yang mampu mendekatkan manusia kepada Allah SWT (revelation standard – kebenaran absolut). Sedangkan Science dikenal luas dalam dunia konvensional adalah segala ilmu yang memenuhi kaidah-kaidah metode ilmiah (human creation – kebenaran relatif).


Prilaku manusia disini berkaitan dengan landasan-landasan syariat sebagai rujukan berprilaku dan kecenderungan-kecenderungan dari fitrah manusia. Dan dalam ekonomi Islam, kedua hal tersebut berinteraksi dengan porsinya masing-masing hingga terbentuklah sebuah mekanisme ekonomi yang khas dengan dasar-dasar nilai Ilahiyah.

Berikut ini definisi Ekonomi dalam Islam menurut Para Ahli :

1. S.M. Hasanuzzaman,

“ilmu ekonomi Islam adalah pengetahuan dan aplikasi ajaran-ajaran dan aturan-aturan syariah yang mencegah ketidakadilan dalam pencarian dan pengeluaran sumber-sumber daya, guna memberikan kepuasan bagi manusia dan memungkinkan mereka melaksanakan kewajiban-kewajiban mereka terhadap Allah dan masyarakat.”

2. M.A. Mannan,

“ilmu ekonomi Islam adalah suatu ilmu pengetahuan social yang mempelajari permasalahan ekonomi dari orang-orang memiliki nilai-nilai Islam.”

3. Khursid Ahmad,

ilmu ekonomi Islam adalah “suatu upaya sistematis untuk mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungannya dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang Islam.”


4. M.N. Siddiqi,

ilmu ekonomi Islam adalah respon “para pemikir muslim terhadap tantangan-tantangan ekonomi zaman mereka. Dalam upaya ini mereka dibantu oleh Al Qur’an dan As Sunnah maupun akal dan pengalaman.”

5. M. Akram Khan,

“ilmu ekonomi Islam bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi.”


6. Louis Cantori,

“ilmu ekonomi Islam tidak lain merupakan upaya untuk merumuskan ilmu ekonomi yang berorientasi manusia dan berorientasi masyarakat yang menolak ekses individualisme dalam ilmu ekonomi klasik.”

Ekonomi adalah masalah menjamin berputarnya harta diantara manusia, sehingga manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akherat (hereafter). Ekonomi adalah aktifitas yang kolektif.

About these ads

26 Tanggapan

  1. Saya yakin sekali bahwa sistem ekonomi Islam suatu saat akan menggantikan sistem eknomi Liberal yang mudah di hantam krisis.

  2. bagus nhe tulizannya n berguna bwt saya……!!!!
    thanks y……

  3. Assalamu’alaikum…
    maaf mau tanya ttng landasan manajemen secara umum dalam Islam..yg maknanya seperti doing the right things(efficient)& doing things right (effective)..,cz mau sy hubngkn dgn skripsi sy kurang lebih ttng alokasi material proyek konstruksi..dr ayat AlQur’an atw Hadist yg maknax tepat atw mendekati…d tunggu & terimakasih ats jawabannya

  4. baguss..

    lagi donkk pakar ahlinya,,masi kurng

  5. pandangan menurut para pemikir ekonomi yg terdulu doang?

  6. ekonomi adalah sarana prasarana manusia dalam berintraksi didunia bagaimana supaya ummat manusia sejahtera hidup di dunia dan di akhirat karena dengan ilmu ekonomi kita bisa tahu yang mana yang riba dan yang halal sehingga kita punya pedoman daman mengaplikasi hidup

  7. saya yakin ekonomi islam merupakan solusi terbaik dalam aplikasi bisnis….. karena sebaik-baiknya jalan adalah jika kita mengikuti jalan Allah Swt.

  8. [...] : http://putracenter.wordpress.com/2009/01/22/definisi-ekonomi-dalam-islam-menurut-para-ahli/ var addthis_language = 'en'; VN:F [1.6.8_931]please wait…Rating: 0.0/10 (0 votes cast)VN:F [...]

  9. wah pas banget nih buat tugas kuliah saya.

    makasih atas artikelnya.

    salam

  10. tuliskan sumbernya juga ya…buat informasi pustaka juga bagi para pembaca…

  11. Trims mas artikelnya…

    bermanfaat sebagai salah satu referensi tugas..

    Salam

  12. maaf ya saya ingin bertanya gimana ci caranya berdagang dengan menurut sayariat islam

  13. semangat salam kenal…

    di tunggu kunjungan baliknya..

  14. MOHON DIJELASKAN DEFENISI EKONOMI SECARA FILOSOFIS DAN KENAPA ADA EKONOMI

  15. @flying : Iya. Makasih ya dah mampir :-)

  16. seeep
    thanks…^_^

  17. Makachie ea… tulisan’a bagus,.

    b’guna bgt buat bikin makalah agama mengenai ekonomi islam,. hhe :)

  18. makasih yaaaaaaaaaa!!!!!!!!
    udah mau bagi-bagi ilmu

  19. [...] http://putracenter.net/2009/01/22/definisi-ekonomi-dalam-islam-menurut-para-ahli/ [...]

  20. hidup ekonomi aslam………!!!

  21. pakar-pakar ekonomi islam donk…

  22. maff bsa di cantumkan refrensi nya atau dftarpustaka

  23. mungkin menurut saya ekonomi itu…intinya yang berkaitan dengan uang….mungkin kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup dalam jangka waktu pendek dan dalam jangka waktu panjang untuk mencapai kepuasaan yang mungkin mengkonsumsinya sesuai dengan keinginan individu individu itu sendiri…

  24. jka kta bs mngtahui apa arti ekonomi dlm islam mka kta jg bsa lbih mngrti syari at yg tlah di ttap kn dlm islam yg mnyngkut perekonomian dlm khidupan shari hari……….

  25. Like bgt,,

  26. sudut pandang ekonmii islam apa aj sii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 369 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: